Menggabungkan Puasa Syawal dan Qadha Ramadan Beserta Niatnya

Rabu, 24 April 2024 - 11:23 WIB
loading...
Menggabungkan Puasa Syawal dan Qadha Ramadan Beserta Niatnya
Hukum menggabungkan puasa sunnah Syawal dan qadha puasa Ramadan ternyata sah dan diperbolehkan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bolehkah bolehkah menggabung puasa sunnah 6 hari Syawal dengan qadha Ramadan, terutama yang masih punya utang puasa Ramadan? Menurut Dai yang menimba ilmu di Universitas Al-Ahgaff, Hadhramaut Yaman, Ustaz Ali Musthafa Siregar, ada beberapa keterangan dari ulama terkait masalah ini.

1. Imam Ibnu Hajar berkata: "Baik puasa qadha Ramadan dan puasa sunnahnya maing-masing dapat pahala. Akan tetapi tidak sempurna pahala puasa sunahnya."

2. Menurut Imam Romli, hasil puasa qadha Ramadan dan puasa sunnahnya dapat pahala. Bahkan andai melaksanakan puasa qadha Ramadan di bulan Syawal tanpa ada niat untuk puasa sunnah 6 hari Syawal tersebut, maka tetap dapat pahala puasa sunnah tersebut.

3. Menurut Imam Abu Makhromah, puasa qadha Ramadan dan puasa sunnah keduanya tidak ada yang hasil. Sebab tidak sah puasa sunnah seseorangapabila masih ada utang puasa Ramadan.

Kesimpulan:

Bagi yang ingin meng-qada puasa Ramadan sekaligus puasa 6 hari Syawal, hendaknya mengikuti pendapat Imam Romli yaitu sah dan dapat pahala qadha puasa Ramadan sekaligus puasa sunnah enam hari di bulan Syawal.

Pelaksanaan Puasa 6 hari Syawal ada dua cara, yaitu:

1. Dikerjakan setelah hari Raya pertama Idul Fitri (yaitu hari kedua bulan Syawal) dengan cara bersambung tidak terpisah-pisah. Cara ini adalah lebih afdal (utama).
2. Dengan cara tidak bersambung yaitu terpisah-pisah, cara ini pun juga masih tetap mendapatkan kesunnahannya.

Niat Puasa Qada Ramadan digabung dengan Puasa 6 hari Syawal:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَعَنْ سِتٍّ مٍنْ شَوَّال لِلهِ تَعَالَى


Nawaitu shauma ghadin an qadhaa i fardhi syahri Ramadhoona wa 'an sittatin min Syawwali Lillaahi Ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat puasa esok hari dari meng-qada puasa fardhu bulan Ramadhan dan puasa enam Syawal karena Allah Ta'ala."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)